Unas & Baznas Jalin Kerja Sama Dalam Rangka Tridharma Perguruan Tinggi

Universitas Nasional (Unas) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) sepakat menjalin kerjasama dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi. Kerja sama ini tertuang dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. dan Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A.

Dalam keterangannya, Rektor Unas Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. mengatakan, dengan adanya kerjasama ini banyak prospek yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan Baznas. Menurutnya, Baznas merupakan suatu Lembaga yang strategis untuk kepentingan kemanusiaan.

Ia melanjutkan bahwa potensi zakat di Indonesia cukup tinggi. Namun hal itu, tidak dibarengi dengan pelaksanaannya sehingga ini bisa menjadi suatu objek yang dapat diteliti dan menghasilkan kajian akademik yang baik.

“Saya kira melalui lembaga pendidikan ini bisa dilakukan dan menjadi partner strategis Baznas agar kita bisa belajar bersama-sama,” pungkas El Amry, setelah acara penandatanganan MoU, di ruang Exhibition Lt. 2 Unas, Rabu, 8 Februari 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A. mengatakan bahwa Unas sebagai lembaga pendidikan tinggi tentunya memiliki banyak sumber informasi dan ilmu yang bisa diserap oleh Baznas.

“Oleh karena itu, Baznas akan memanfaatkan keilmuan ini dalam rangka untuk melakukan hal-hal yang praktis terkait implementasi zakat di Indonesia,” ujar Prof. Noor.

Ia menambahkan bahwa kerjasama bisa dilanjutkan ke bidang yang lain, bukan hanya pendidikan namun juga penelitian-penelitian dan pengembangan.

Ia pun mengatakan akan memanfaatkan jejaring kerjasama yang sudah dilakukan, termasuk denganAsia Universitas Siber Asia dan beberapa perguruan tinggi di Korea. “Kalo tadi Pak Rektor menawarkan Universitas Siber Asia yang telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi Korea, Insyaa Allah bisa dimanfaatkan oleh Baznas,” katanya.

Selain penandatanganan MoU, dalam acara ini juga dilakukan sosialisasi terkait peran Baznas dalam pemberdayaan Umat Muslim di Indonesia yang disampaikan oleh Ketua Baznas Prof. Dr. KH. Noor Achmad, M.A.

Acara ini turut dihadiri Wakil Rektor Unas Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., Wakil Rektor Unas Bidang Administrasi Umum, Keuangan, dan SDM Prof. Dr. Drs. Eko Sugiyanto, M.Si. serta para Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi di lingkungan Unas.(*)